Mengenal Apa Itu Router Dan Cara Kerja Router

Mengenal Apa Itu Router Dan Cara Kerja Router
Dalam dunia jaringan ada banyak macam perangkat yang digunakan untuk menghubungkan ratusan bahkan jutaan komputer di seluruh dunia. Namun ada beberapa perangkat yang harus kita kenali dengan baik jenisnya maupun cara kerjanya, pada artikel kali ini kami akan coba membahas mengenai router dan cara kerjanya.

Apa Itu Router?
Router merupakan salah satu komponen penting dalam dunia jaringan, karena router berfungsi menghubungkan beberapa network agar saling terhubung. Router juga dapat digunakan untuk membagi-bagi network dari skala besar menjadi skala kecil atau sering disebut subnetwork. Dalam dunia jaringan, membentuk subnetwork sangat membantu meningkatkan performa dan juga fungsionalitas dan biasanya berdampak positif terhadap keseluruhan jaringan yang sudah terbentuk.
Router memiliki kemampuan routing artinya router mampu mengarahkan paket-paket data yang dikirim melalui jaringan dari pengirim ke tujuan. Simbol router di dunia jaringan adalah seperti dibawah ini
Simbol router seperti diatas merupakan simbol standard yang digunakan hampir di seluruh dunia, simbol tersebut pula yang digunakan hampir oleh engineer seluruh dunia untuk membuat topologi networking, jadi apabila temen-temen melihat simbol seperti diatas jangan heran itu adalah simbol sebuah router. 

Bagaimana Router Bekerja?
Seperti pada pembahasan sebelumnya, fungsi utama router adalah mengalirkan paket-paket dari network source ke network tujuan. Paket-paket tersebut diarahkan oleh router, sehingga router memegang peranan penting terhadap rute perjalanan paket data yang kita miliki. Router juga berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih network yang berbeda, dibawah ini sedikit gambaran sederhana bagaimana router bekerja.


Dari topologi sederhana gambar diatas, terdapat 2 buah network, network pertama yaitu 192.168.1.0 dan network kedua adalah 192.168.2.0 yang mana kedua network tersebut dihubungkan oleh sebuah router. Apabila ada proses pengiriman paket antara host maka kira-kira prosesnya aka seperti dibawah ini :

  • Apabila A mengirim paket ke B atau C maka paket tidak akan diteruskan ke network lain (192.168.2.0).
  • Apabila D mengirim paket ke E atau F maka paket tidak akan diteruskan ke network lain (192.168.1.0).
  • Apabila A mengirim paket ke D, E,  atau F maka router akan meneruskan paket tersebut (Dari network 192.168.1.0 ke network 192.168.2.0).

Selain itu router berfungsi juga memecah broadcast domain, broadcast domain yang tidak terkontrol (biasanya karna desain yang kurang baik) dapat menyebabkan broadcast storm dan hal ini menyebabkan turunnya performa jaringan kita.

Baca juga artikel mengenai Broadcast Domain Dalam Jaringan Komputer.
Semoga bermanfaat.

© IT Freelancer Indonesia Team