15 Command Linux Untuk System Overview

15 Command Linux Untuk System Overview
  • 15 April 2015
  • itfreelanceindo
  • Linux
  • 1409 View

Banyak yang mengabaikan command sederhana dibawah ini padahal kadang di satu waktu fungsinya sangat dibutuhkan, karna pada saat itulah kita membutuhkan informasi yang bisa diberikan oleh command-command yang akan saya sebutkan ini.

Langsung aja yah, dibawah ini command yang mungkin sangat berguna untuk agan ketika menggunakan linux.


1) arch

Command diatas akan memberikan agan informasi mengenai arsitektur system yang sedang digunakan di operating system linux agan.

 

2) uname -a

Command ini akan memberitahu agan semua ringkasan informasi yang berkaitan dengan OS yang sedang agan gunakan. Informasi yang bisa agan dapatkan antara lain adalah kernel-name, nodename, kernel release, kernel version, hardware name, processor type, hardware platform, operating system.


3) dmidecode -q 

Memberikan agan informasi mengenai komponen hardware yang digunakan di Server/PC agan dalam human-readable format. Sangat berguna apabila agan ingin mengetahui informasi seperti Manufaktur Motherboard, ROM size, Bios Version, Memory Device Information, Processor Information, Cooling Device, Temperature probe, Management Device Component, dan lain sebagainya.


4) hdparm -tT /dev/sda

Command ini sangat berguna ketika agan mau menjalankan testing cache reads & buffering disk read pada hardisk yang ada di Server/PC agan. Saya pribadi sering menggunakan command ini apabila server yang hendak saya gunakan akan difungsikan sebagai database yang memerlukan resource input-output yang harus benar-benar diperhitungkan.


5) hdparm -i /dev/hda

Command ini dapat membantu kita dalam mencari tahu model beserta karakteristik hardisk yang sedang kita gunakan.


6) cat /proc/cpuinfo

Command yang sangat berguna untuk mencari tahu informasi lebih dalam tentang CPU yang sedang agan gunakan di Server/PC.


7) cat /proc/vmstat

Command ini berfungsi untuk memberi agan report mengenai penggunaan statistik dari virtual memory yang sedang digunakan. Informasi penting lainnya yang bisa agan dapatkan dengan command ini antara lain processes, memory, paging, block IO, traps, and cpu activity.


8) cat /proc/meminfo

Command ini mampu memberikan informasi mendetail dan juga verifikasi terhadap memory yang sedang anda gunakan di Server/PC agan. Informasi penting yang dapat agan peroleh antara lain total memory, total free memory, total buffer, total cache, total swap cached, total swap, dan lain sebagainya.


9) cat /proc/swaps

Command ini memberikan informasi untuk agan mengenai swap devices files yang agan gunakan.


10) cat /proc/version

Command ini mampu memberikan agan informasi mengenai summary info dan kernel version yang digunakan oleh operating system linux di Server/PC agan.


11) cat /proc/net/dev

Agan bisa menggunakan command ini untuk mencari tau informasi mengenai network adapters yang digunakan di Server/PC agan, selain itu command ini juga mampu menampilkan statistik dari network adapters yang sedang agan gunakan loh.


12) cat /proc/partitions

Mau tau ada berapa partisi yang digunakan di Server/PC linux yang agan gunakan? Gunakan command diatas.


13) cat /proc/mounts

Command ini jarang digunakan tapi kadang kepake kalo mau troubleshoot file system yang misalnya corrupt atau kasus unik lainnya. Command diatas nunjukin file system yang telah termounting (by system) di Server/PC linux agan. 


14) lspci -tv 

Mau tau informasi mengenai PCI display dari device yang sedang agan gunakan? Agan bisa menggunakan command ini. 


15) lsusb -tv

Digunakan apabila agan mau tau informasi mengenai USB devices.

 
Mau tau juga perbedaan fundamental antara OSI Layer vs TCP/IP? Baca juga OSI Layer VS TCP/IP. 

© IT FreelanIndonesia Team