7 Hal Penting di Operating System Berbasis Linux

7 Hal Penting di Operating System Berbasis Linux
  • 16 April 2015
  • itfreelanceindo
  • Linux
  • 1524 View

Buat temen-temen yang seneng bermain sama linux pasti tau hal-hal yang bakal saya sebut dibawah ini. Berikut dibawah ini 7 hal yang penting di OS Linux beserta penjelesan singkat dan fungsinya sebagai apa.

 

 

1) Bootloader

 

Bootloader adalah program pertama ketika OS linux dijalankan dan secara gak langsung bootloader merupakan elemen penting dari linux, itulah sebabnya kenapa saya ketika mengintall OS linux selalu memberikan partisi khusus untuk folder /boot sebab kalo sudah corrupt pusing troubleshootnya. Fungsi bootloader adalah meload dan memuat operating system ketika pertama kali di start, di linux mungkin kamu familiar kan dengan yang namanya grub loader? Grub loader lah yang menangani metode loader OS linux kamu.

 

2) Kernel

Saya pernah baca di sebuah forum bahwa ada yang bilang bahwa "Linux is not an Operating System, it's a kernel".  Statement itu memang bener bahwa linux itu adalah kernel, di dunia ini yang saya tau ada 3 kernel yang terkenal sebagai platform OS yaitu kernel windows, unix, dan linux yang merupakan turunan unix. Agar gak salah paham coba mindsetnya diubah menjadi seperti ini, linux itu adalah kernel yang merupakan Operating System itu adalah redhat, centos, ubuntu, fedora, dsb. Pertanyaan selanjutnya apa sih fungsi kernel? Kernel adalah program yang dibuat yang berfungsi sebagai bridge antara program dan mesin komputer, fungsinya itu agar intruksi-intruksi program dapat dieksekusi oleh hardware secara aman. Maka sebenernya sebelum program kamu di eksekusi oleh CPU atau masuk ke RAM sebenernya intruksi-intruksi tersebut melewati kernel terlebih dahulu sebelum di esksekusi oleh mesin komputer.

 

3) Daemons

Kalo bahasa indonesianya itu hantu ato dedemit hahahaha. Namun kalo di operating system daemons adalah sebuah program yang berjalan di background, mungkin karna itu disebut "Daemons". Kalo di linux hampir semua service dijalankan oleh daemon contohnya httpd, slapd, vsftpd, syslogd, dsb. Hampir semuanya berakhiran "D" yah haha, tapi yang umum itu adalah hampir di semua operating system yang servicenya dijalankan oleh daemon biasanya berjalan dalam waktu yang sangat lama bahkan harus terus-terusan berjalan.

 

4) Shell

Kalo sering bermain linux pasti tau apa itu shell, shell merupakan salah satu jenis program asli bawaan linux yang apabila digunakan menyediakan komunikasi langsung antara user dan kernel. Hampir semua distro linux saat ini default environment shellnya adalah bash yang merupakan improvement dari unix shell, tanpa adanya bash maka kamu gak akan pernah mengeksekusi perintah di command prompt. Kalo kamu gak percaya coba aja hapus file /bin/bash di OS linux kamu dan liat hasilnya apaan, inget buat uji coba di komputer sendiri yah jangan di komputer production hehehe....

 

5) Shell Utilities

Shell utilities adalah perintah built in yang merupakan bagian atau bawaan dari shell, maka kalo sudah ada shell/bash berarti sudah pasti ada sekumpulan perintah/command bawaan yang bisa digunakan dan command ini biasanya fungsinya penting banged contohnya cp, ls, mv, dsb. Command yang menjadi bagian dari shell utilities ini biasanya ada di folder /bin coba cek aja kalo gak percaya binary file seperti cp, gunzip, mv, mount, dsb biasanya ada di folder tsb. Hati2 yah jangan sampe kedelete.. ^,^

 

6) X.org

X.org adalah package graphical desktop yang biasanya terdapat di distro linux sehingga X.org ini bukan merupakan bagian dari kernel. X.org adalah package terpisah dan oleh sebab itu ketika kita install linux kita bisa pilih juga mau diinstall paket GUI-nya atau tidak, dan X.org ini sudah ada dari taun 1984 dari jaman jadul yang memang khusus dikembangkan OS berbasis UNIX memiliki kemampuan untuk di akses dan dimanage oleh GUI. Ada beberapa package yang terkenal untuk saat ini yaitu KDE, GNOME, XFCE, LXDE, dsb.

 

7) Desktop Environment

Kalo ngomongin linux desktop otomatis kita juga akan berbicara tentang desktop environment. Desktop environment terdiri dari icons, windows, toolbar, folders, dan lain sebagainya. Ada banyak desktop environment yang beredar saat ini. Ubuntu menggunakan Unity, Fedora menggunakan GNOME dan Mint menggunakan Cinnamon/Mate.

 

 

Nah semoga dari tulisan IT Freelancer Indonesia kali ini bermanfaat yah buat temen-temen sekalian. Baca juga artikel kami lainnya tentang tips marketing di media social.

© IT Freelancer Indonesia Team