Pengertian Apa Itu SPF atau Sender Policy Framework

Pengertian Apa Itu SPF atau Sender Policy Framework
Untuk yang biasa bermain dengan mail server pasti udah enggak asing lagi dengan SPF. SPF (Sender policy framework) adalah sebuah email validation system yang di desain untuk mencegah spoofing. Cara kerja SPF cukup sederhana yaitu SPF akan melakukan verifikasi Source IP dari email yang dikirim lalu mencocokannya dengan DNS TXT record menggunakan SPF content.
Gambar diatas mendeskripsikan bagaimana SPF bekerja dalam sistem mail server yang sudah berjalan.

Penjelasan SPF :
Dari gambar diatas terlihat email system yang menerima email akan mengecek Sender-ID Framework dari tiap-tiap email yang mereka terima dengan cara menanyakan SPF record si pengirim email ke DNS.  Nah hasilnya hanya ada dua yaitu Pass atau Fail, apabila pass maka email biasanya akan di redirect ke folder inbox penerima dan apabila fail maka email akan diredirect ke folder Junk/Quarantine bahkan yang lebih parahnya lagi bisa saja di drop.

Sebenernya ada juga status selain Pass dan Fail yaitu neutral. Kalo statusnya neutral ada beberapa kemungkinan bisa saja masih menunggu propagasi DNS atau memang sudah di konfigurasi namun namun memang si admin menginginkan implementasi SPF tanpa policy.

Apa dampaknya kalo kita enggak buat SPF di email system kita? Biasanya kalo si penerima memang agak strict ya email kita di anggap spam bahkan bisa aja di drop karna dianggap tidak trusted.

Cara Mengecek SPF?
Biasanya setelah Anda selesai konfigurasi, apabila propagasi DNS sudah selesai Anda bisa test SPF melalui mxtoolbox.com disini. Setelah itu cari box yang SPF lalu masukan domain Anda.
 
Semoga bermanfaat.

© IT Freelancer Indonesia Team