Jenis-Jenis DNS Record

Jenis-Jenis DNS Record
Dalam dunia Internet saat ini Anda pasti sudah sangat familiar dengan apa itu domain. Siapapun yang mengakses Internet website 95% menggunakan domain apalagi orang awam, jarang kan mereka menggunakan IP? Selain sulit diingat menggunakan IP akan membuat orang malas mengingat dan mengakses sebuah situs.

Pada kenyataannya ketika Anda mengakses sebuah domain di internet ada sebuah proses disitu yang memungkinkan Anda mengakses sebuah situs dengan sebuah nama ketimbang IP yaitu ialah DNS (Domain Name Server). Anda perlu mendefine apa saja record yang harus dikenali di luar sana agar sebuah domain bisa resolve ke IP tujuan.

Dibawah ini ialah jenis-jenis record yang paling sering digunakan di dalam DNS:

A Record
Record ini bertujuan untuk mengarahkan domain atau subdomain ke sebuah IPv4 Address. 

Contoh: domain.com dipointing ke IP Address 1.2.3.4

CNAME Record
Cname atau canonical name record ini bertujuan untuk alias dari sebuah domain, cara paling umum yang digunakan ialah pointing ke server yang sama seperti pada A record, maupun ke server yang berbeda. 

Contoh: subdomain.domain.com adalah sebuah alias dari domain.com

MX Record
MX atau mail exchanger ialah record khusus yang digunakan untuk email services, apabila Anda memiliki services email Anda harus menggunakan record ini agar sebuah email dapat diterima oleh email server.

Contoh: domain.com MX record dipointing ke aspmx.google.com

PTR Record
Record ini adalah kebalikan dari fungsi A record biasanya fungsi dari PTR record adalah untuk mengarahkan IP address ke sebuah domain.  Record ini hanya dapat didefine oleh pemilik/penyedia NS (Name Server) saja yang mana biasanya provider (apabila DNS kamu di manage oleh ISP).

TXT Record
Merupakan sebuah record yang digunakan untuk menyimpan informasi berupa text pada domain hosting anda. Biasanya record ini digunakan apabila Anda ingin melakukan integrasi ke 3rd party atau dengan tujuan tertentu untuk verifikasi dan juga tujuan security.

Banyak sekali produk dan mesin DNS yang dapat Anda gunakan misalnya bind atau apabila ingin yang lebih canggih dan kaya akan fitur seperti F5 dan infoblox. 


Semoga bermanfaat.

© IT Freelancer Indonesia Team