Platform Virtualisasi Paling Populer untuk Membuat Virtual Machine

Platform Virtualisasi Paling Populer untuk Membuat Virtual Machine
Saat ini virtual machine merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin membuat sebuah infrastruktur atau aplikasi bisnis yang besar tapi terbentur oleh masalah modal. Virtual machine tidak hanya memberi kemudahan ketika instalasi tapi juga efisiensi, salah satunya dalam satu server yang sama Anda dapat mendeploy puluhan hingga ratusan virtual machine.


Dengan menjalalankan virtual machine, Anda dapat menjalankan berbagai macam OS seperti windows, linux ataupun unix. Pada dasarnya virtual machine adalah sebuah software atau file yang memilki cara kerja yang sama seperti server pada umumnya, dimana platform virtualiasi bertindak sebagai management yang mengatur komunikasi antara virtual machine dan kernel.

Dibawah ini merupakan platform virtual machine paling populer saat ini.

VMware
Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa VMware merupakan salah satu leader dalam platform virtualisasi, VMware sangat populer dikalangan user ataupun enginer bahkan saat ini bisa dibilang menguasai dasar-dasar VMware merupakan wajib bagi setiap engineer. Selain mudah VMware juga sangat fleksibel dan dapat dideploy baik di PC/Desktop yaitu dengan VMware workstation ataupun Server (Hypervisor) yaitu dengan VMware ESXi. 

Virtual Box
Virtual box merupakan alternatif dari VMware workstation, selain mudah instalasinya pun sederhana dan tidak perlu resource PC/Desktop yang terlalu besar. Pada awalnya software virtual box dikembangkan oleh perusahaan jerman (innotek) sampai dengan sekitar 2008 diakusisi oleh sun microsystem sampai dengan beberapa tahun kemudian sun microsystem diakuisisi oleh oracle. 

Hyper-V
Hyper-V merupakan software virtualisasi buatan microsoft yang dapat Anda jalankan di windows, Anda dapat menjalankan virtualisasi ini dalam windows ataupun dalam bentuk hypervisor. Salah satu kelebihan platform ini ialah support dan integrasi dengan produk microsoft lainnya.

Openstack
Openstack bisa dibilang merupakan cloud software yang berbasis opensource, platform ini dikembangkan sekitar taun 2009 dan menjadi terkenal ketika rackspace dan nasa bekerjasama untuk mengembangkannya dan menjadi sangat populer saat ini. Beberapa cloud provider ataupun perusahaan besar pun banyak yang menggunakannya untuk mengembangkan cloud private mereka.

Docker
Meski berbeda arstitektur dengan platform virtualisasi yang sudah dibahas diatas, namun bisa dibilang docker merupakan salah satu alternatif penggunaan virtualisasi saat ini terutama bagi perusahaan-perusahaan startup yang sangat mementingkan efisiensi. Saat ini kombinasi docker dan kubernetes sangat populer dikalangan devops dan karna sangat flexible penggunaannya, beberapa cloud service raksasa pun memiliki layanan khusus untuk ini seperti AWS dan GCP.

Masih ada sebenarnya platform virtualisasi lainnya yang tidak dibahas seperti citrix dan proxmox yang dapat menjadi alternatif, namun yang sudah dijelaskan diatas merupakan yang paling populer digunakan setidaknya saat artikel ini ditulis.


Semoga bermanfaat.



© IT Freelancer Indonesia Team