Top 5 NGFW Firewall Terbaik di Dunia

Top 5 NGFW Firewall Terbaik di Dunia
Dalam era transformasi digital kebutuhan akan keamanan data meningkat tajam, pada kurun waktu 3 tahun terakhir lebih dari ratusan ribu kasus terjadi khususnya perusahaan yang menjadi korban dari serangan hacker. Maka dari itu saat ini firewall seakan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap perusahaan untuk menjaga jaringannya agar tetap aman, ada lebih dari ribuan kasus orang kehilangan data karna serangan hacker dan pada akhirnya menyesal tidak menggunakan firewall.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan Anda review 5 produk firewall terbaik di dunia yang bisa menjadi pilihan Anda.

1) Paloalto
Paloalto bisa dibilang merupakan salah satu brand firewall terbaik di dunia saat ini, sudah menjadi leader gartner dalam beberapa tahun terakhir dan memiliki tampilan interface yang sangat bersahabat dengan warna dominan kuning. Paloalto sangat powerful terutama fitur-fitur IPS, Anti-Virus dan juga Zero-day attack protectionnya. Tampilan reportingnya juga sangat membantu administrator untuk analisa permasalahan yang terjadi dilapangan seperti kenapa dan apa root cause sebuah session berakhir dsb. Salah satu kekurangannya memang harganya yang mahal dan biasanya hanya digunakan oleh enterprise besar. Kelebihan lainnya juga paloalto memiliki produk yang dapat terintegrasi dengan cloud seperti di AWS sehingga memudahkan Anda apabila memilki aplikasi yang di hosting di cloud tapi tetap ingin proteksi yang powerfull.

2) Cisco
Selama bertahun-tahun cisco terkenal memiliki firewall ASA yang sangat populer sebelum era NGFW. Ketika memasuki era NGFW Cisco mengakuisisi sourcefire yang base engine firewallnya berasal dari snort dan juga firepower. Saat ini cisco memiliki produk NGFW terbaru yaitu firepower threat defense yang merupakan rebranding dari firewall sebelumnya. NGFW cisco memiliki fitur seperti IPS, URL Filtering dan juga Anti-Malware yang sangat powerful dan terdapat berbagai pilihan produk dari yang kecil sampai besar sehingga dapat digunakan oleh siapapun. Salah satu kekurangannya ialah tampilan GUI yang kurang friendly dibandingkan brand NGFW lainnya.

3) Fortinet
Fortinet terkenal dengan firewall kelas medium enterprise, produk paling terkenalnya ialah fortigate yang memiliki seri kecil sampai besar. Arsitektur fortinet firewall dirancang untuk menerima througput yang besar sehingga salah satu keunggulan fortinet ialah memiliki throughput firewall yang lebih besar ketimbang NGFW produk lainnya. Fitur-fitur NGFW nya antara lain seperti IPS, URL Filtering, Anti-Virus, dan ATP. Fortigate dapat juga difungsikan sebagai router dan firewall secara bersamaan dan sangat cocok digunakan small-medium enterprise karna harganya yang sangat bersahabat dan user friendly. Apabila difungsikan dengan jumlah yang banyak maka terdapat centralize management dan reporting yang sangat powerful. Fortinet juga dapat diintegrasikan dengan cloud seperti di AWS sehingga dapat melindungi aplikasi yang ada di cloud.

4) Checkpoint
Checkpoint merupakan produk security solution asal israel yang berpusat di tel-aviv, sudah menjadi leader gartner security lebih dari 5 tahun belakangan ini. Checkpoint bisa dibilang salah satu pesaing utama paloalto di grid enterprise, fitur IPS dan AV nya sangat powerful. Checkpoint memiliki sumber data yang sangat besar lebih dari 10ribu application library dan juga url diseluruh dunia sehingga sangat powerful ketika melakukan blocking aplikasi dan juga URL. Namun salah satu kekurangan checkpoint ialah managementnya yang kurang friendly.

5) Sophos
Sophos memang bukan leader di gartner tapi bisa menjadi alternatif pilihan kamu untuk membeli security product sophos, karna harganya yang bisa dibilang murah dan multifungsi, hampir sama dengan fortinet. Sophos sangat cocok untuk small-medium enterprise karna memiliki alternatif pilihan produk yang variatif. Sophos juga dapat beroperasi di cloud seperti AWS sehingga apabila Anda ingin proteksi aplikasi maka sophos dapat menjadi pilihan Anda.

ITFreelanceindo dapat membantu Anda untuk konsultasi terkait perlindungan ataupun proteksi website Anda dengan menggunakan Web Application Firewall menggunakan F5-WAF ataupun Fortinet-Fortiweb.

Kami juga menerima konsultasi, training dan jasa instalasi F5 dan juga Cisco, Paloalto, dan Fortinet anda akan dilayani oleh expert F5 dan Fortinet freelancer kami.


Semoga bermanfaat.